DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Brainstorming dengan Media Video terhadap Pengetahuan Remaja Usia 13-17 Tahun tentang Pencegahan Perilaku Bullying (Studi Eksperimental di SMPN 11 Banjarbaru)
PENGARANG:LAKSMI MALIHA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


Latar Belakang: Perilaku bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan remaja yang sering terjadi. Perilaku bullying dapat terjadi diakibatkan kurangnya pengetahuan remaja tentang pencegahan perilaku bullying. Upaya yang dilakukan untuk menurunkan kejadian bullying yakni dengan pendidikan kesehatan. Metode brainstorming dengan media video merupakan metode dan media pendidikan kesehatan yang sesuai untuk kelompok remaja.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode brainstorming dengan media video terhadap pengetahuan remaja usia 13-17 tahun tentang pencegahan perilaku bullying di SMPN 11 Banjarbaru.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan rancangan penelitian pre dan post test terhadap satu kelompok (one group pra-post test design without control) dan menggunakan teknik stratified random sampling, terhadap 94 responden kelas VIII dan kelas IX di SMPN 11 Banjarbaru. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner tentang pengetahuan perilaku bullying. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test. Responden mendapatkan pendidikan kesehatan metode brainstorming dengan media video dan diukur pengetahuan tentang pencegahan perilaku bullying.

Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan metode brainstorming dengan media video terhadap pengetahuan remaja usia 13-17 tahun tentang pencegahan perilaku bullying di SMPN 11 Banjarbaru (p= 0.00, a=0.05).

Diskusi: Metode brainstorming dengan media video dapat meningkatkan pengetahuan remaja usia 13-17 tahun tentang pencegahan perilaku bullying. Metode brainstorming dengan media video dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dalam menyampaikan informasi kepada remaja tentang bullying. Metode brainstorming sangat cocok dilakukan pada usia remaja karena individu pada usia remaja cenderung kreatif dan memiliki hubungan yang erat dengan peer groupnya.

Kata Kunci: media video, metode brainstorming, pendidikan kesehatan, pengetahuan, perilaku bullying, remaja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI