DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Motivasi Terhadap Self Care Management Diabetes Melitus Di RSUD Ulin Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD NUR FAJRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


Latar Belakang: Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah akibat ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan optimal. Diabetes melitus dapat dikontrol dengan melakukan self care management, tetapi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya salah satunya motivasi. Tinggi atau rendahnya motivasi yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi ketekunan dalam menjalankan self care management.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap selfcare management diabetes melitus di RSUD Ulin Banjarmasin.Latar Belakang: Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah akibat ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan optimal. Diabetes melitus dapat dikontrol dengan melakukan self care management, tetapi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya salah satunya motivasi. Tinggi atau rendahnya motivasi yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi ketekunan dalam menjalankan self care management.

 

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap selfcare management diabetes melitus di RSUD Ulin Banjarmasin.

 

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian sebanyak 30 responden yang dipilih berdasarkan teknik accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan uji rank spearman’s.

 

Hasil: Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi terhadap self care management dengan p-value (0,039 < 0,05) dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,379. Artinya hubungan motivasi terhadap self care management bersifat positif dengan keeratan cukup kuat.

 

Kesimpulan: Motivasi merupakan hal penting yang harus dimiliki penderita diabetes melitus karena dalam mengelola penyakit kronis membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga ketekunan dalam melakukan self care management menjadi kunci dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kata Kunci: Diabetes Melitus, Motivasi, Self Care Management

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI