DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Pelayanan Perpanjangan Izin Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pada Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin
PENGARANG:NORHADI MANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


ABSTRAK

 

 Norhadi Mansyah, 1810411310024, 2023. Pelaksanaan Pelayanan Perpanjangan Izin Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) . Dibawah Bimbingan Ibu Aulia. 

Penelitian ini berawal dari masalah banyaknya jumlah sekolah PAUD yang ingin memperpanjang masa izin dan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, sedangkan pegawai bidang PAUD pada Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin sangat sedikit. Sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat proses perpanjangan izin tersebut.  Pegawai bidang PAUD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin meskipun sudah memiliki regulasi dan prosedur yang jelas tetapi tetap saja kewalahan dalam menghadapi permasalahan ini. 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Selain itu penelitian ini juga menggunakan sumber data primer yaitu wawancara dan observasi, kemudian data sekunder yaitu dokumentasi, berita, buku, dan sebagainya. Adapun penelitian ini menggunakan teori pelaksanaan pelayanan dari Rahmadana untuk menganalisis pelaksanaan pelayanan perpanjangan izin PAUD pada Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan perpanjangan izin PAUD di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin telah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari pelaksanaan perpanjangan ini dilakukan dengan pemberian empati, prosedur yang sederhana, formulir yang diisi hanya satu, tidak dipungut biaya, jadwal layanan yang jelas, dan masa berlaku izin yang cukup lama.

 Saran mengenai penelitian ini yaitu meningkatkan pelaksanaan pelayanan perpanjangan izin PAUD agar lebih efisien dan kerjasama antara sekolah yang ingin memperpanjang izin dengan staff terkait dan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dalam memberikan pelayanan yang lebih baik. Memperbaiki kinerja pelayanan dengan memaksimalkan fungsi evaluasi dan pengawasan terhadap standar pelayanan, serta penyediaan sarana dan prasarana untuk melaksanakan pelayanan perpanjangan izin PAUD.

Kata Kunci : Pelaksanaan, Pelayanan, PAUD, Perpanjangan Izin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI