DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN KAPASITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA DI SMP SANTA MARIA
PENGARANG:STEFANI ANGELYN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


Upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan inovasi dalam pembelajaran seperti pembaharuan kurikulum, pengembangan metode pembelajaran, penyediaan bahan–bahan pengajaran, pengembangan media pembelajaran, pengadaan alat-alat laboratorium dan peningkatan kualitas guru. Tujuan dari studi ini ialah untuk pengembangan strategi peningkatan kapasitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di SMP santa maria.Pengembangan media pembelajaran melibatkan beberapal angkah, termasuk definisi, desain, pengembangan, dan distribusi. Pelaksanaan pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan kuesioner. Terdapat tiga pakar dalam bidangnya, dua orang pakar di bidang media, dan satu orang pakar yangmengikuti uji kelayakan media. Pengembangan media interaktif meliputi beberapa tahapan, yaitu pengertian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Temuan dari penelitiandan pengembangan ini menunjukkan bahwa pengembangan strategi peningkatan kapasitas guru termasuk media pendukung kegiatan yang dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Four-D models) dinyatakan layak digunakan sebagai strategi dan media pelatihan guru. Kemampuan guru SMP Santa Maria Banjarmasin meningkat, dibuktikan dengan para guru membuat sendiri tugas yang diberikan selama pelatihan Peningkatan hasil penilaian keterampilan guru SMP Santa Maria Banjarmasin dalam pembuatan media pembelajaran PPT berbasis canva pada kondisi awal sebelum pelatihan dengan rata-rata nilai 61,42 dalam kategori Cukup (C), meningkat setelah diberikan pelatihan rata-rata nilai 91,25 dalam kategori Sangat Baik (SB).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI