DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 JORONG TENTANG TOKOH-TOKOH PAHLAWAN NASIONAL TAHUN AJARAN 2021-2022
PENGARANG:HENDRY KURNIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


Pembelajaran Sejarah merupakan salah satu pembelajaran yang berperan untuk meningkatkan kesadaran Sejarah siswa sebagai dasar pokok akan makna sejarah dalam proses pendidikan. Namun, rendahnya hasil belajar siswadalam pembelajaran masih sering terjadi dikarenakan pembelajaran masih bersifat teacher centered danbelummenggunakanmetodeyangbervariasi. Dalammenciptakan pembelajaran Sejarah yang menyenangkan, dibutuhkan strategi pmbelajaran yang interaktif.  Penelitian ini menerapkan strategi pembelajaran aktif dengan modelCard Sortyaitu model pembelajaran yang menerapkan kegiatankolaboratif untuk mengajarkan suatu konsep, penggolongan sifatatau mengulangi informasi yang lebih mengutamakan pada gerakan fisik, yaitu dengan cara memilih kartu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui model pembelajaran Card Sort, (2) Implementasi model pembelajaran Card Sort, (3) mengetahuihasilbelajarsiswasetelahmenggunakanmodel pembelajaranCard Sort. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Partisipan yang dilaksanakan pada siklus I  dan II. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 25 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaranmetodeCard Sortdalam meningkatkan hasilbelajar XI IPS SMAN 1 Jorong   dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui skor rata-ratakeseluruhanyang meningkat pada siklus Idengan nilai rata-rata sebesar 68 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 68%. Selanjutnya, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilairata-rata hasil belajar siswa 72,8 dan presentase ketuntasan hasil belajar76%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI