DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PROGRAM BUS RAPID TRANSIT (BRT) BANJARBAKULA SEBAGAI SEKTOR TRANSPORTASI MASSAL MODERN PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RACHMADERA DRESTALITA ISLAMY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-13


ABSTRAK

Rachmadera Drestalita Islamy, 2010413220001, Efektivitas Program Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula sebagai Sektor Transportasi Massal Modern Pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah bimbingan Budi Suryadi.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas program bus rapid transit BRT Banjarbakula sebagai sektor transportasi massal modern pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dari penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari Kepala Seksi Pemandu Moda dan Pengembangan, Analisis Angkutan Jalan, dan Pramudi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas program bus rapid transit BRT Banjarbakula sebagai sektor transportasi massal modern pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan masih belum efektif. Dalam Operasional program berjalan lancar, namun masih terdapat hambatan yang sudah ditanggapi tetapi belum terealisasi penanganannya. Alat pembayaran modern yang tepat belum terealisasi dan masih dipikirkan inovasi yang tepat, masih menerima uang tunai. Fasilitas ramah difabel kurang memadai. Sosialisasi yang kurang sehingga tidak ada penumpang dari Terminal KM 17 yang berdampak pemberhentian operasional pada Koridor II dan III. Kurangnya armada bus yang banyak diminta dan dikeluhkan, namum sudah diusulkan kepada PEMDA penambahan 5 unit bus pada tahun 2024. Dibalik itu, operasional berjalan lancar, terjadwal, perbaikan yang cepat tanggap untuk pemeliharaan armada, dan pengelolaan yang tertata.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disarankan untuk meningkatkan efektivitas dalam program BRT Banjarbakula perlu aksi yang lebih pada penanganannya agar program bisa berjalan dengan efektif

Kata Kunci : Efektivitas, Bus Rapid Transit, Transportasi Massal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI