DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOBILISASI PROGRESIF LEVEL 1 TERHADAP SATURASI OKSIGEN DENGAN PENURUNAN KESADARAN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:SRI ERNA KRISTANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-13


Latar Belakang: Tingkat kematian pasien kritis lumayan tinggi karena pasien memiliki ketidakstabilan fisiologis dan hemodinamik. Salah satu penanganan pasien ICU adalah mempertahankan saturasi oksigen agar tidak terjadi gagal napas. Intervensi mobilisasi progresif level 1 mampu meningkatkan saturasi oksigen pasien kritis dengan penurunan kesadaran.

 

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh mobilisasi progresif level 1 terhadap saturasi oksigen pasien dengan penurunan kesadaran.

 

Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental pre & post test one group without control. Responden penelitian adalah pasien yang mengalami penurunan kesadaran di ruang ICU RSUD Ulin Banjarmasin sebanyak 20 orang menggunakan teknik consecutive sampling. Pengukuran saturasi oksigen dilakukan sebelum dan sesudah pasien dilakukan intervensi mobilisasi progresif level 1. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.

 

Hasil: Didapatkan p-value 0,000 < α 0,05, maka disimpulkan ada pengaruh mobilisasi progresif level 1 terhadap saturasi oksigen pasien kritis dengan penurunan kesadaran. 

 

Diskusi: Peningkatan saturasi oksigen setelah mobilisasi progresif I terjadi karena status oksigenasi saat pasien diposisikan head of bed gravitasi menarik diafragma ke bawah sehingga memungkinkan ekspansi paru yang lebih baik saat klien berada dalam posisi head of bed, sehingga proses pernapasan akan bekerja baik.

 

Kesimpulan: Terdapat peningkatan Saturasi oksigen pada responden sebelum dan sesudah dilakukan mobilisasi progresif level 1.

 

Kata kunci: Mobilisasi, Progresif, Saturasi Oksigen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI