DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITAS WEBSITE PERPUSTAKAAN DIGITAL UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
PENGARANG:NURUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-13


Bahan pustaka digital pada saat ini telah banyak disediakan oleh berbagai perpustakaan khususnya perpustakaan perguruan tinggi. Salah satu perpustakaan tersebut adalah perpustakaan digital Universitas Lambung Mangkurat (Digilib ULM). Dari hasil pre-evaluation terdapat sekitar 50% permasalahan yang berkaitan dengan kualitas website seperti tampilan dan fungsionalitas dari website. Maka dari itu penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana kualitas Perpustakaan Digital ULM untuk mendapatkan indikator mana saja yang sesuai dengan keinginan pengguna dan mana saja yang memerlukan perbaikan dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dan User Experience Questionnaire. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Sampel dari keseluruhan populasi yang merupakan mahasiswa ULM didapat sebanyak 100 responden. Webqual 4.0 terdiri dari tiga aspek yaitu usability, information quality, service interaction. Sedangkan UEQ terdiri dari enam aspek yaitu attractiveness, dependability, efficiency, perspicuity, stimulation, novelty. Hasil penelitian dari Webqual 4.0 yaitu Service interaction sebesar 2.75. information quality sebesar 2.68 dan usability sebesar 2.45. Aspek usability tersebut termasuk dalam kategori rendah atau belum memenuhi ekspektasi pengguna sedangkan aspek yang lainnya termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan hasil penelitian dari UEQ adalah Attractiveness sebesar 1.130, efficiency sebesar 0.648 dan novelty sebesar 0.673 mendapatkan nilai dibawah ratarata dalam perbandingan hasil dengan benchmark sedangkan aspek lainnya di atas rata-rata. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui website Digilib ULM ini belum memenuhi ekspektasi penggunanya dan dapat dikatakan bahwa website belum baik sehingga memerlukan perbaikan dan peningkatan.

Kata Kunci : Perpustakaan Digital, Kualitas, Webqual 4.0, User Experience Questionnaire UEQ. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI