DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN FUNGSI PERAWATAN KESEHATAN KELUARGA DENGAN KEKAMBUHAN PADA PASIEN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:Muhammad Erfansyah
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2019-02-13


ABSTRAK
HUBUNGAN FUNGSI PERAWATAN KESEHATAN KELUARGA DENGAN KEKAMBUHAN PADA PASIEN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH
KERJA PUSKESMAS MARTAPURA TIMUR
Muhammad Erfansyah
Latar Belakang : Gangguan jiwa adalah kumpulan dari keadaan yang tidak normal, baik yang berhubungan dengan fisik, maupun dengan mental, kekambuhan adalah istilah medis yang mendiskripsikan tanda dan gejala kembalinya suatu penyakit setelah suatu pemulihan yang jelas. Fungsi perawatan kesehatan keluarga mampu meningkatkan kesehatan dan adaptasi keluarga dalam kehidupan, fungsi perawatan kesehatan keluarga sangat penting dalam penyembuhan dan pencegahan pasien gangguan jiwa, dengan demikian fungsi keluarga berkaitan dengan kekambuhan gangguan jiwa tidak dapat diabaikan dalam penataksanaanya.
Tujuan: untuk mengetahui hubungan fungsi perawatan kesehatan keluarga dengan kekambuhan pada pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Martapura Timur.
Metode : Penelitian ini menggunakan cross sectional dilalukan pada 49 orang keluarga pasien dengan gangguan jiwa.
Hasil : Hasil penelitian sebagian besar pasien gangguan jiwa mendapatkan fungsi perawatan kesehatan baik (85,7%) dan mengalami tingkat kekambuhan sedang (53,1%). Hasil analisis ini didapatkan ada hubungan antara fungsi perawatan kesehatan keluarga dengan kekambuhan pada pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Martapura Timur (p-value=0,008<0,05).
Diskusi : semakin tinggi fungsi perawatan kesehatan keluarga maka kekambuhan pasien gangguan jiwa menurun.
Kata Kunci : Perawatan kesehatan keluarga, kekambuhan gangguan jiwa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI