DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MEMBUANG PUNTUNG ROKOK PADA TEMPATNYA DI COFFEE SHOP KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA SHAFIRA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-14


Aulia Shafira Putri, 1910414220018, Pengaruh Media Poster Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Membuang Puntung Rokok Pada Tempatnya Di Coffee Shop Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Ibu Yuanita Setyastuti.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Media Poster sebagai Variabel (X) Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Membuang Puntung Rokok pada Tempatnya di Coffee Shop Kota Banjarmasin sebagai variabel (Y). Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk mengukur pengaruh signifikan media poster terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental komparatif. Sampel diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus lemeshow dengan taraf kesalahan 10%. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan cluster Random Sampling di 5 Coffee Shop di Banjarmasin yaitu Dua Asa Coffee, Genji Coffee, Fourlanes Coffee & Eatry, Eastland Coffee, dan Koelacino. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan observasi dengan teknik penentuan skor menggunakan skala likert. Dalam mengalisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,001<0,05 dengan Nilai Z pada Variabel Tingkat Pengetahuan (Y1) sebesar -7.436b dan pada variabel Tingkat Sikap (Y2) sebesar -8.348b menunjukan bahwa hipotesis Ha diterima yaitu terdapat pengaruh media poster dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap membuang puntung rokok pada tempatnya di Coffee Shop Kota Banjarmasin, sehingga H0 ditolak.

Kata Kunci: Pengaruh, Media Komunikasi, Poster, Coffee Shop

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI