DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD NORRIDHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-15


ABSTRAK

Ahmad Norridho. 2023. Studi Deskriptif Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas VIII Di Smp 6 Banjarmasin. Pembimbing (I) Akhmad Sugianto, M.Pd (II) Faisal Rachman, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang merupakan program terbaru dari pemerintah ternyata mendapat sambutan hangat dari sekolah, guru hingga siswa dan siswi. Model pendidikan baru tersebut disampaikan melalui struktur pelaksanaan program sekolah, khususnya program untuk menggalakkan transisi satuan pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui enam ciri utama, yaitu: kepercayaan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, kebhinekaan global, gotong royong, kemandirian, berpikir kritis dan kreatif.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian yaitu 1 orang guru BK, 1 orang wali kelas, dan 5 orang siswa yang mengenal Profil Pelajar Pancasila. Teknis analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dari hasil data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mendekripsikan atau menggambarkan l data yang diperoleh dari Profil Pelajar Pancasila.

Berdasarkan hasil penelitian Siswa dan siswi juga terlihat dapat memahami, menerima, mengembangkan dan menerapkan nilai dan Profil Pelajar Pancasila di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI