DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SELF AWARENESS DAN HARDINESS TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA SISWA SMP NEGERI 15 BANJARMASIN
PENGARANG:Ehda Maulidya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-15


ABSTRAK

Ehda Maulidya. 2023. Pengaruh Self Awareness dan Hardiness Terhadap Flow Akademik pada Siswa SMP Negeri 15 Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd

Kata Kunci: Self Awareness, Hardiness, Flow Akademik

Semenjak wabah virus covid-19 mulai menyebar diseluruh penjuru negeri, hingga masuk era new normal banyak hal yang mengalami perubahan dan dampaknya sangat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Hal tersebut berhubungan dengan self awareness dan hardiness yang membuat siswa kesulitan memahami hal yang sedang dirasakan dan sulit untuk mengetahui penyebab munculnya perasaan tersebut yang berakibat siswa rentan mengalami stres, sehingga menampakkan permasalahan akademik pada siswa, salah satunya adalah rendahnya flow akademik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran self awareness, hardiness, dan flow akademik pada siswa SMP Negeri 15 Banjarmasin, serta untuk mengetahui pengaruh antara self awareness dan hardiness terhadap flow akademik pada siswa SMP Negeri 15 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Alat pengumpulan data menggunakan angket self awareness, hardiness, dan flow akademik kepada 224 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi linear berganda. Dan uji persyaratan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji homogenitas. Adapun hasil penelitian ini, yaitu terdapat signifikansi 0,301 > 0,05. Maka (Ha) ditolak, bahwa tidak terdapat pengaruh antara self awareness dan hardiness terhadap flow akademik pada siswa SMP Negeri 15 Banjarmasin.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, tidak terdapat pengaruh antara self awareness dan hardiness terhadap flow akademik pada siswa. Hasil koefisien determinasi R square sebesar 0,095 hal ini menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh self awareness dan hardiness terhadap flow akademik adalah sebesar 9,5%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI