DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menyajikan Teks Prosedur Peserta Didik Kelas VII-C SMP Negeri 11 Banjarmasin
PENGARANG:AHMAD FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-15


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan kemampuan menulis teks prosedur pada

siswa kelas VII-C di SMP Negeri 11 Banjarmasin; (2) menggambarkan kemampuan menulis teks

prosedur siswa kelas VII-C di SMP Negeri 11 Banjarmasin dalam aspek isi, struktur, kaidah penulisan,

dan ciri kebahasaan; (3) Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena

hasilnya diekspresikan dalam bentuk skor atau angka yang didapatkan dari keterampilan peserta didik

memahami materi teks prosedur. Penarikan hasil dari Teks prosedur tersebut terkait fakta dilapangan

mengenai kemampuan peserta didik menuliskan teks prosedur berdasakan isi, struktur dan kaidah

penulisan serta kebahasaan yang dinilai sesuai dengan aspek yang telah ditentukan. Populasi penelitian

ini terdiri dari siswa kelas VII-C SMP Negeri 11 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dan terdiri

dari 31 siswa. Tes tertulis digunakan sebagai instrumen penelitian. Data dari penelitian ini telah

dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII-C di SMP Negeri 11

Banjarmasin meraih nilai rata-rata sebesar 83,16, dengan persentase sekitar 77,41%, menandakan

bahwa mereka memiliki keterampilan dalam menulis teks prosedur. Dari segi Isi nilai peserta sampel

89,51 poin. Secara struktural, rata-rata nilai siswa sebesar 87,5 termasuk dalam kategori baik. Mengenai

kaidah penulisan, nilai peserta sampel adalah 70,56 poin yang termasuk dalam kategori cukup dan dari

segi karakteristik kebahasaan, nilai rata-rata siswa sampel adalah 85,48 poin yang termasuk dalam

kategori mampu.

Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI