DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Kemampuan Menyajikan Teks Prosedur Peserta Didik Kelas VII-C SMP Negeri 11 Banjarmasin | |
PENGARANG | : | AHMAD FIRDAUS | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-01-15 |
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan kemampuan menulis teks prosedur pada
siswa kelas VII-C di SMP Negeri 11 Banjarmasin; (2) menggambarkan kemampuan menulis teks
prosedur siswa kelas VII-C di SMP Negeri 11 Banjarmasin dalam aspek isi, struktur, kaidah penulisan,
dan ciri kebahasaan; (3) Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena
hasilnya diekspresikan dalam bentuk skor atau angka yang didapatkan dari keterampilan peserta didik
memahami materi teks prosedur. Penarikan hasil dari Teks prosedur tersebut terkait fakta dilapangan
mengenai kemampuan peserta didik menuliskan teks prosedur berdasakan isi, struktur dan kaidah
penulisan serta kebahasaan yang dinilai sesuai dengan aspek yang telah ditentukan. Populasi penelitian
ini terdiri dari siswa kelas VII-C SMP Negeri 11 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dan terdiri
dari 31 siswa. Tes tertulis digunakan sebagai instrumen penelitian. Data dari penelitian ini telah
dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII-C di SMP Negeri 11
Banjarmasin meraih nilai rata-rata sebesar 83,16, dengan persentase sekitar 77,41%, menandakan
bahwa mereka memiliki keterampilan dalam menulis teks prosedur. Dari segi Isi nilai peserta sampel
89,51 poin. Secara struktural, rata-rata nilai siswa sebesar 87,5 termasuk dalam kategori baik. Mengenai
kaidah penulisan, nilai peserta sampel adalah 70,56 poin yang termasuk dalam kategori cukup dan dari
segi karakteristik kebahasaan, nilai rata-rata siswa sampel adalah 85,48 poin yang termasuk dalam
kategori mampu.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI