DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemenuhan Kebutuhan Keluarga Pasien Di Ruang Perawatan Intensif RSUD Dr. Moch Ansari Saleh Banjarmasin
PENGARANG:MASFUR LISNARITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-15


ABSTRAK

PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA PASIEN DI RUANG PERAWATAN INTENSIF RSUD Dr. H. MOCH. ANSARI SALEH BANJARMASIN

 

Lisnarita, Masfur

 

Latar Belakang: Pasien yang dirawat di ICU membuat keluarga menunggu dan memberikan dampak psikologis kepada keluarga. Kebutuhan keluarga seringkali tidak diperhatikan oleh tenaga kesehatan dan rumah sakit. Hal ini dapat memperparah masalah psikologis keluarga.

Tujuan: Untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan keluarga pasien kritis di ruang perawatan intensif RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan responden penelitian keluarga pasien yang dirawat di ruang perawatan intensif RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner CCFNI (Critical Care Family Needs Inventory) dan kemudian dianalisis univariat. 

Hasil: Hasil menunjukkan kebutuhan keluarga pasien di ruang perawatan intensif RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin mayoritas telah terpenuhi sebanyak 27 orang (90%), namun sebanyak 3 orang (10%) belum terpenuhi kebutuhannya.

Diskusi:.Setiap keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perlu adanya identifikasi kebutuhan setiap keluarga meliputi kebutuhan informasi, jaminan pelayanan, kedekatan, dukungan mental, dan kenyamanan agar dapat ditangani segera.

 

Kata kunci: Kebutuhan, Keluarga, Intensif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI