DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Penerimaan Komponen Pajak Hiburan Serta Kontribusinya Bagi Pajak Daerah Kota Banjarmasin Pada Masa Pandemi Covid-19
PENGARANG:FARAH ADLINA HASSYYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-15


Farah Adlina Hassyyati (2023). Analisis Penerimaan Komponen Pajak Hiburan Serta Kontribusinya Bagi Pajak Daerah Kota Banjarmasin Pada Masa Pandemi Covid-19. Pembimbing : Yohana Yustika Sari.

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) efektivitas dari komponen-komponen pajak hiburan di Kota Banjarmasin pada masa pandemi Covid-19; (2) laju pertumbuhan penerimaan pajak hiburan di Kota Banjarmasin pada masa pandemi Covid-19; (3) kontribusi pajak hiburan terhadap pajak daerah Kota Banjarmasin pada masa pandemi Covid-19.

Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah pajak hiburan di BPKPAD Kota Banjarmasin pada tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan data target dan realisasi pajak daerah yang juga mencakup data target dan realisasi pajak hiburan; serta data target dan realisasi komponen pajak hiburan Kota banjarmasin yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis efektivitas; analisis laju pertumbuhan; dan analisis kontribusi.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam periode waktu 2019-2022 di Kota Banjarmasin rata-rata efektivitas pajak hiburan berada pada kategori efektif dengan persentase sebesar 93.45%; rata-rata laju pertumbuhan pajak hiburan adalah tidak berhasil karena persentase laju pertumbuhannya hanya sebesar 19.92%; dan rata-rata kontribusi pajak hiburan terhadap pajak daerah Kota Banjarmasin berada pada kategori yang sangat kurang dengan persentase sebesar 4.76%.

 

Kata Kunci: Pajak Hiburan, Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI