DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Media Pembelajaran Platform Youtube Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Mobilitas Sosial Kelas VIII SMPN 5 Kusan Hilir
PENGARANG:ERENA MARSIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-15


Erena Marsiana. 2023. Efektivitas Media Pembelajaran Platform Youtube Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Mobilitas Sosial Kelas VIII SMPN 5 Kusan Hilir. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suratno, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Syaharudin, S.Pd., MA

 

Kata Kunci :Efektivitas, Media Pembelajaran Youtube, Pemahaman Belajar

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran Youtube untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mobilitas sosial. 

Metode penelitian ini dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan hasil dan keaktifan pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: studi analisis masalah, deskripsi hasil temuan masalah, dan solusi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 5 Kusan Hilir yang berjumlah 30 orang siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pemahaman belajar siswa pada saat sebelum penerapan media pembelajaran platform Youtube masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan bahwa hasil pretest dari jumlah keseluruhan siswa hanya sebanyak 3 orang dengan persentase 10% yang memiliki nilai melebihi KKM dan sebagian besarnya yakni sebanyak 27 orang dengan persentase 90% memiliki nilai di bawah KKM. Sedangkan untuk hasil post-test dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 11 orang dengan persentase 37% yang memiliki nilai melebihi KKM dan sebagian besarnya yakni sebanyak 19 orang dengan persentase 63% memiliki nilai di bawah KKM. Gambaran pemahaman belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran Youtube mengalami peningkatan. Hal ini terlihat bahwa pada hasil post-test siklus III dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 30 orang dengan persentase 100% yang memiliki nilai melebihi KKM. Dengan kata lain, pemahaman belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 90% dengan adanya penerapan media pembelajaran platform Youtube pada siklus II dan III.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI