DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Efektivitas Pajak Daerah dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:IFFAH ADILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-16


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas realisasi masing - masing pajak daerah terhadap target pajak daerah  yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Untuk mengetahui sejauh mana kontribusi masing – masing pajak daerah terhadap pendapatan pajak daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta mengetahui kontribusi pajak daerah terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara, dengan Kepala Sub Bidang Pajak Daerah Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebagai informan penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data target pajak daerah dan realisasi pajak daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, data target dan realisasi penerimaan masing – masing pajak daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta data target dan realisasi pendapatan asli daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Data yang dianalisis yaitu menggunakan analisis efektivitas dengan rumus efektivitas dan analisis kontribusi dengan rumus rasio kontribusi.

Hasil penelitian ini adalah penerimaan pajak daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun 2017 – 2022 efektif. Untuk masing – masing pajak daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang memiliki tingkat efektivitas tertinggi yaitu pada pajak restoran sebesar 123,10% dengan kriteria yang sangat efektif. Kemudian untuk kontribusi masing – masing pajak daerah terhadap pendapatan pajak daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang memiliki tingkat kontribusi yang terbesar yaitu pada pajak penerangan jalan sebesar 58,99% dengan kriteria sangat berkontribusi. Untuk kontribusi pajak daerah terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah selama tahun 2017 – 2022 tidak berkontribusi dengan rasio sebesar 10,07%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan peran pengetahuan bidang perpajakan dan sebagai bahan referensi bagi Badan Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Pajak Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengenai tingkat efektivitas dan kontribusi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI