DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Kualitas Air Anak Sungai Berdasarkan Bakteri Eschericia Coli Di Kecamatan Barambai
PENGARANG:RIA APRILIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-16


Ria Apriliana 2023, NIM 1910416320022, Evaluasi Kualitas Air Anak SungaiBerdasarkan Bakteri Eschericia Coli Di Kecamatan Barambai, Dr. Ellyn Normelani M. Pd., M.S

Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui Mengetahui kondisi kualitas air berdasarkan parameter bakteri E. Coli pada sungai Kali Kecamatan Barambai. Mengetahui perbandingan nilai kualitas air Sungai kecamatan Barambai berdasarkan baku mutu kelas I yang sesuai dengan peruntukannya menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021.

    Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan selatan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh sungai yang berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini melakukan pengamatan observasi, mengambil sampel air, melakukan uji laboratorium.

    Hasil penelitian uji laboratorium sampel air sungai kali menunjukan bahwa melebihi ambang mutu baku air kelas I yaitu peruntukan air baku air minum yang diatur dalam PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang pengelolaan Kualitas Air. Hasil pemeriksaan dalam penelitian ini adalah ≥100mL/ 100 mL. Untuk mengurangi adanya bakteri E.Coli maka masyarakat sekitar bantaran sungai harus menggunakan Tripikon-S sebagai septic tank agar dapat mengurangi jumlah kadar bakteri E.Coli pada air sungai.

 

Kata kunci: Bakteri, E. Coli, Kualitas Air, Sungai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI