DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN SENI MUSIK PADA SISWA DI KELAS 8D SMP NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RAKYAN OKTASIWI KAROWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-16


ABSTRAK

Rakyan Oktasiwi Karowan. 2023. Strategi Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Seni Musik Pada Siswa Kelas 8D SMP Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos, M.A, M.Pd.

Kata Kunci : Strategi, Seni Musik, Pemahaman dan Kemampuan

SMP Negeri 4 Banjarmasin beralamat di jalan Teluk Tiram Darat Nomor 01, RT.8, Kelurahan Teluk Tiram, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Seni musik adalah suatu ekspresi perasaan atau pikiran yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi. Elemen seni musik terdiri dari 3 unsur yaitu: irama, melodi, dan harmoni. Pada kenyataan di lapangan, cukup banyak siswa menganggap sepele tentang pelajaran seni budaya, khususnya seni musik yang di anggap sulit secara teori dan praktek nya di lapangan. Sehingga guru harus merancang strategi yang tepat untuk memunculkan minat siswa terhadap seni musik, sehingga akan meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa terhadap seni musik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman seni musik pada siswa di kelas 8D SMP Negeri 4 Banjarmasin, serta untuk menjelaskan hal-hal apa yang mempengaruhi guru dalam menerapkan strategi yang ia gunakan tersebut.

Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang : (1) Sistem pembelajaran yang ada di SMP Negeri 4 Banjarmasin, (2) Strategi pembelajaran yang guru gunakan, (3) Kelebihan dan kekurangan strategi yang guru gunakan, (4) Keefektifan strategi yang guru gunakan, (5) Kendala dan hal-hal yang mempengaruhi guru dalam proses Pembelajaran, (6) Cara guru mengatasi kendala dalam pembelajaran, (7) Minat siswa-siswi terhadap seni musik serta nilai yang siswa peroleh, (8) Tanggapan siswa-siswi terkait strategi yang guru gunakan, (9) Kendala siswa siswi dalam proses pembelajaran dan cara mengatasi kendala tersebut.

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI