DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Experiential Learning Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 4 Banjarbaru
PENGARANG:Elistina Mandari Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-17


Percaya diri (self confident) adalah salah satu sifat yang mampu mendorong kita melakukan sesuatu. Selalu aktif dan tidak disertai berbagai macam pikiran negatif yang merugikan. Meskipun kemampuan yang kita miliki serba terbatas, hal itu bisa dihilangkan dengan cara menanamkan kepercayaan terhadap diri sendiri serta keyakinan yang kuat. Maka, apapun bentuknya jika didasari oleh pikiran yang jernih dan penuh dengan perhitungan, akan lebih bermakna. 

 Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMAN Banjarbaru mendapati bahwa masih banyak anak yang mengalami kepercayaan diri yang rendah terutama pada kelas X IPS 3. Hal ini didapat berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru BK di sekolah. Maka terjaringlah siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah melihat dari ciri-ciri kepercayaan diri yang ditampakkan beberapa siswa di kelas tersebut. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri melalui bimbingan kelompok menggunakan teknik Experiential Learning. 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3  yang berjumlah 4 orang siswa. Obyek penelitian ini adalah kepercayaan diri menggunakan teknik Experiential Learning dalam bimbingan kelompok.

Hasil penelitian ini menunjukkan, aktivitas peneliti, aktivitas siswa serta hasil tindakan dalam pelaksanaan PTBK teknik Experiential Learning  melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri  siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI