DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CINTA PUTIH DI BUMI PAPUA KARYA DZIKRY EL HAN
PENGARANG:INNI FATIYAH KUSUMASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-17


Kusumastuti, Inni Fatiyah. 2023. Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Cinta Putih di Bumi Papua karya Dzikry El Han. Tesis. Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. M. Rafiek, M. Pd. (II)Dr. Noor Cahaya, M. Pd.

 

Kata Kunci: psikologi sastra, id, ego, superego

 

  Ilmu psikologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang karakter manusia bisa digunakan secara komprehensif untuk memahami tokoh yang terdapat dalam karya sastra. Jikadalamdunianyata, novel merupakan bagian dari produk sastra, novel mampu membentuk watak pribadi secara personal dan berfungsi sebagai penyadar manusia akan kehadirannya yang bermakna bagi kehidupan sesama manusia.Tujuandaripenelitianiniterbagitigamacam. Pertama, mendeskripsikan aspek psikologis tokoh utama yang berkaitan dengan Id dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua karya Dzikri El-Han. Kedua, mendeskripsikan aspek psikologis tokoh utama yang berkaitan dengan Ego dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua karya Dzikri El-Han. Ketiga, mendeskripsikan aspek psikologis tokoh utama yang berkaitan dengan Superego dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua karya Dzikri El-Han.

 

     Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu novel Cinta Putih di Bumi Papua, cetakan 1 tahun 2014, karya Dzikry El Han. Data penelitian yaitu,  kutipan yang terkait dengan psikologis pada tokoh utama. Langkah-langkah analisis data dalampenelitian ini mengikuti langkah-langkah analisis. Pengumpulan data yang  digunakan dalam penelitian ini yaitu pustaka dan catat, yang bertujuan untuk menemukan id, ego,dan superego  dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua  Karya Dzikry El-Han. Hasil penelitian ini ditemukan psikologi tokoh berupa id, ego, dan super ego. Id pada tokoh utama sebanyak 13 kutipan, ego sebanyak 14 kutipan, dan superego sebanyak 18 kutipan. Superego menjadi paling dominan karena tokoh Atar memiliki sifat keagamaan yang sangat kental.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI