DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDEKATAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN ULANG DAN EVALUASI APLIKASI MONITORING KEKERINGAN TUTUPAN LAHAN
PENGARANG:MUHAMMAD FAIDHORRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-18


Android-based applicationmemfasilitasi interaksi pengguna melalui mobile interface. Komunikasi efektif antara pengguna dan layanan penting, tetapi kesulitan menemukan informasi dapat mengurangi produktivitas dan menyebabkan frustrasi. user experience yang buruk pada situs web dan aplikasi bahkan dapat menyebabkan ditinggalkannya situs. Mendesain antarmuka harus mempertimbangkan Usability dan pengalaman pengguna, termasuk interaksi emosional dan sosial. Penelitian ini membahas aplikasi "Monitoring Indeks Kekeringan Berbasis Android dengan Klasifikasi Tutupan Lahan Menggunakan CNN". Tantangan termasuk penggunaan yang kurang intuitif, desain yang kurang menarik, dan fungsi tombol/menu yang tidak jelas. Untuk mengatasi ini, Human Centered Design (HCD) menekankan kebutuhan pengguna. Ini melibatkan desain hingga implementasi dan evaluasi berkelanjutan. Usability testing dan Heuristic Evaluation mengungkapkan masalah seperti tampilan yang tidak informatif dan tata letak yang membingungkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor Pengalaman pengguna. redesignMenggunakan HCD. Kemampuan pembelajaran mencapai 90%, efisiensi 0,06 tujuan/detik, dan kesalahan berkurang menjadi 5%. Rekomendasi melibatkan peningkatan presentasi informasi, validasi data, konsistensi visual, UI/UX yang lebih baik, pesan kesalahan yang lebih jelas, dan panduan pengguna.Dalam Kesimpulan, aplikasi meningkatkan skor Pengalaman pengguna melalui HCD dan Heuristic Evaluation, menyarankan perbaikan antarmuka dan fungsi untuk keterlibatan pengguna yang lebih baik.

Kata Kunci: Android-based application, Monitoring Indeks Kekeringan,  Mobile Interface, Redesign,Usability Testing, User Experience, Human-centered Design, , Heuristic Evaluation.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI