DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Prediksi Kebangkrutan Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score Dan Zmijewski X- Score Periode 2019-2021
PENGARANG:SYAIFUL ISLAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-18


Syaiful Islami (2023), Analisis Prediksi Kebangkrutan pada Perusahaan-Perusahaan yangTerdaftardi Jakarta Islamic Index (JII) dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score Dan Zmijewski X-Score Periode 2019-2021. Pembimbing: Dian Masita Dewi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui prediksi kebangkrutan dari perusahaan-perusahaan yang konsisten terdaftar diJakarta Islamic Indeks (JII) periode 2019-2021 dengan menggunakan model Altman Z-Score, (2) mengetahui prediksi kebangkrutan dari perusahaan-perusahaan yang konsisten terdaftar diJakarta Islamic Indeks (JII) periode 2019-2021 dengan menggunakan model Zmijewski X-Score, dan (3) mengetahui model prediksi manakah antara model Altman Z-Score dan Zmijewski X-Score yang paling akurat dalam memprediksi kebangkrutan pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2019-2021.

Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 22 perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2019-2021 menggunakan metode Sampling Jenuhsehingga populasi dan sampel memiliki jumlah yang sama yakni sebanyak 22 perusahaan dengan 3 periode penelitian. Adapun data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan dan laporan tahunan dari perusahaan yang dipublikasikan dalam situs Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun pada perusahaan itu sendiri. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan model Altman Z-Score dan Zmijewski X-Score.

Hasil pengujian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu terdapat 7 kondisi bangkrut, 5 kondisi rawan, dan 54 kondisi sehat menurut model Altman, sedangkan menurut model Zmijewski terdapat 1 kondisi tidak sehat dan 65 kondisi sehat, model Zmijewski lebih akurat jika dibandingkan dengan model Altman.

 

Kata Kunci: Kebangkrutan, Financial Distress, Altman Z-Score, Zmijewski X-Score, Jakarta Islamic Index (JII), Tingkat Akurasi, Type Error

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI