DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGENALAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI (STUDI MULTI SITUS PAUD TERPADU SANTA MARIA DAN PAUD TERPADU KRISTEN KANAAN)
PENGARANG:FITRIA AULIA SHALEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-19


Anak usia dini berada dalam masa keemasan sehingga anak merupakan pelajar unggul yang peka terhadap sekitarnya. Secara alami, anak dapat menyerap kata-kata dalam bahasa asing dan menirunya sehingga anak dapat menguasai bahasa asing dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, mengenalkan bahasa Inggris yang baik dan benar penting dilakukan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan multi situs. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dideskripsikan melalui dua tahap, yaitu analisis data individu dan analisis data lintas situs dengan setting penelitian di PAUD Terpadu Santa Maria dan PAUD Terpadu Kristen Kanaan.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Strategi pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini adalah kurikulum dilaksanakan dalam kegiatan intrakurikuler atau ekstrakurikuler; Guru bahasa Inggris yang kompeten dan dilatih; Sarana prasarana pendukung yang lengkap; Melibatkan orang tua dan lembaga bahasa Inggris, mendekorasi kelas dengan ornamen berbahasa Inggris serta melatih bahasa Inggris guru-guru lainnya; Oang tua memberikan fasilitas kepada anak didik serta berinteraksi dalam bahasa Inggris dengan anak; Menggunakan bahan ajar yang dikemas dengan menarik serta pembiasaan. 2) Pengenalan bahasa Inggris direncanakan oleh guru bahasa Inggris, guru wali kelas dan kepala PAUD; direncanakan dengan memperhatikan bekal bawaan anak didik dan kondisi sekolah; dilaksanakan oleh guru bahasa Inggris dengan melibatkan guru wali kelas dan guru pendamping; menggunakan interaksi banyak arah dan tingkah laku nonverbal; Evaluasi terdiri dari evaluasi guru ke anak didik, refleksi guru, dan supervisi kepala PAUD. 3) Faktor pendukung dan penghambat pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini meliputi kurikulum, jumlah dan kualitas guru bahasa Inggris, Sarana dan prasarana sekolah, lingkungan berbahasa Inggris di sekolah dan di rumah, bahan ajar yang dikemas menarik, bahasa ibu.

Strategi yang tepat, pelaksanaan efektif dan efisien serta perhatian pada faktor pendukung dan penghambat dapat menghasilkan pengenalan bahasa Inggris yang berkualitas. Disarankan bagi Kepala PAUD agar dapat memperhatikan ketersediaan dan kualitas guru bahasa Inggris dan bagi guru agar dapat merencanakan lebih banyak kegiatan bermain dalam aktivitas belajar mengajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI