DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL VIA MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 1 BATI-BATI SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING
PENGARANG:IMAM RIZKI -810
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-19


Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19, komunikasi yang dilakukan secara interpersonal juga menggunakan media perantara berupa media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara komunikasi interpersonal via media sosial terhadap prestasi belajar selama proses pembelajaran daring. Populasi penelitian ini yaitu siswa-siswi SMA N 1 Bati-bati yang berjumlah 192 orang yang terdiri dari kelas 10 dan 11 MIA (Matematika, Ilmu Alam), dengan 88 siswa kelas X MIA dan 104 siswa kelas XI MIA. Jenis sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan  melalui googleform dengan skala komunikasi interpersonal via media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara komunikasi interpersonal via media sosial terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai R2 = 0.038 yang artinya pengaruh komunikasi interpersonal via media sosial terhadap prestasi belajar matematika sebanyak 3,8%. Nilai koefisien regresi yang bernilai positif yaitu 4.924 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif komunikasi interpersonal via media sosial terhadap  prestasi belajar matematika siswa SMA N 1 Bati-bati selama proses pembelajaran daring.

Kata Kunci : Pembelajaran daring, komunikasi interpersonal, prestasi belajar matematika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI