DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 1 Martapura
PENGARANG:Annisa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-19


Dalam kurikulum 2013 dijelaskan bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik, sehingga muncul keterampilan 4C, yaitu communication, collaboration, critical thinking, dan creativity. Salah satu keterampilan 4C ini adalah keterampilan berkomunikasi (communication). Namun, tidak semua peserta didik mampu berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Martapura, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas XI SMAN 1 Martapura.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental jenis nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Martapura dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data diuji sebanyak tiga kali, yaitu uji statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis.

Hasil dari penelitian adalah 1) pelaksanaan penelitian sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) terjadi peningkatan keterampilan komunikasi dilihat dari uji t, data keterampilan komunikasi kelas eksperimen dari rata-rata 62,22 meningkat menjadi rata-rata 67,00, sedangkan data keterampilan komunikasi kelas kontrol dari rata-rata 61,08 berkurang menjadi rata-rata 60,89. Hasil dari independent samples test menunjukkan bahwa nilai sig. 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran jigsaw dengan keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Martapura.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Sejarah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI