DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MEKANISME PERENCANAAN KEBUTUHAN DAN PENGANGGARAN BARANG MILIK DAERAH PADA DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:OKTAVINA YOKA PRATAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-19


Oktavina Yoka Pratami (2023). Mekanisme Perencanaan Kebutuhan dan Penganggaran Barang Milik Daerah pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar. Pembimbing: Dr. Novita Weningtyas Respati, SE, M.Si, Ak, CA.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis bagaimana perencanaan kebutuhan dan penganggaran barang milik daerah pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar untuk tahun anggaran 2022 dan (2) menganalisis apakah pelaksanaannya tersebut telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya ialah para informan yang terdiri dari pegawai di Dinas PUPRP yaitu Pejabat Penatausahaan Pengguna Barang, Pengurus Barang Pengguna, Kepala Sub Bagian Perencanaan, dan Staf Sub Bagian Perencanaan serta pegawai di BPKPAD yaitu Staf Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Staf Bidang Anggaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme perencanaan kebutuhan dan penganggaran barang milik daerah pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar untuk tahun anggaran 2022 dalam beberapa hal telah sesuai dengan ketentuan. Namun, masih ada pula pelaksanaan yang belum sesuai dengan ketentuan dan ditemukannya sejumlah permasalahan lain.

 

Kata Kunci: Perencanaan Kebutuhan, Penganggaran, RKBMD, RKA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI