DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Pembinaan dan Pengembangan Program Literasi Siswa SMP GIBS
PENGARANG:AZHARI WAHYO WIDODO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-19


ABSTRAK

 

Widodo, Azhari Wahyo. 2023. Evaluasi Pembinaan dan Pengembangan Program Literasi Siswa SMP GIBS. Tesis. Magister Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I)Prof.Dr.H.Jumadi,M.Pd., Pembimbing(II)   Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: evaluasi, pembinaan, pengembangan, program literasi

 

Pelaksanaan program literasi merupakan bagian dari bentuk dukungan sekolah terhadap Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang digaungkan oleh pemerintah. Evaluasi pelaksanaan program literasi di SMP GIBS yang belum disentuh secara lebih dalam menjadi hal penarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi siswa, mengetahui kegiatan pembinaan dan pengembangan program literasi siswa SMP GIBS, dan hambatan yang dihadapi SMP GIBS dalam membina dan mengembangkan program literasi siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian ialah siswa SMP GIBS, dokumen, dan informan. Data penelitian meliputi hasil tes literasi siswa, program pembinaan, dan pengembangan program yang ada di SMP GIBS, serta kendala yang dihadapi dalam menjalankan program. Teknik pengumpulan data ialah tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat literasi siswa SMP GIBS secara umum berada di kategori cakap dengan persentase 65%. (2) Pembinaan yang dilakukan SMP GIBS dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa mencakup kegiatan reading time, program one day one hadist, fahmul ayat, dan tilawati yang dilaksanakan di siang dan malam hari. (3) Pengembangan program literasi yang telah dilakukan SMP GIBS mencakup pengembangan program reading time, pengembangan Mata Pelajaran Literasi, pengembangan program evaluasi literasi, dan pengembangan program penunjang literasi seperti program pelatihan kepenulisan, program One Batch One Book, e-library, Duta Baca, perlombaan literasi, dan perpustakaan keliling. (4) Kendala yang dihadapi oleh SMP GIBS dalam menjalankan program literasi siswa mencakup siswa itu sendiri, keuangan, sumber (resource), pelatihan yang kurang, kurangnya feedback, dan kurangnya dukungan orang tua. (5) Hasil evaluasi pelaksanaan program literasi di SMP GIBS memperoleh skor total 82 dari 88. Artinya, program literasi di SMP GIBS, baik dari segi sumber daya dukung dan aktivitas, telah terlaksana dengan sangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI