DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS, DAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL HURUF VOKAL DAN KONSONAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL HANDS ON ACTIVITY, SCRAMBLE PADA ANAK KELOMPOK B1 TK CINTA MULIA KAB. BARITO KUALA
PENGARANG:EVA EGNATIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-19


Permasalahan ini dilatarbelakangin oleh rendahnya aktivitas, kreativitas, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mengenal huruf vokal dan konsonan. Penyebab terjadinya permasalahan ini dipicu oleh pembelajaran yang guru berikan kurang bermakna, pembelajaran dilakukan hanya satu arah, dan pembelajaran bersifat abstrak. Solusi dari permasalah ini, guru dapat menggunakan kombinasi model Hands on Activity, Scramble dan media Kartu Bergambar. Tujuannya untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas anak, kreativitas, dan hasil perkembangan kognitif dalam mengenal huruf vokal dan konsonan.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan 4 kali pertemuan. Setting penelitian pada kelompok B1 TK Cinta Mulia Kab. Barito Kuala dengan jumlah anak ada 11 orang anak, 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan tabel dan grafik. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak secara klasikal mencapai ≥ 85% dengan kriteria “Seluruh Anak Aktif”, kreativitas anak secara klasikal mencapai ≥ 76% dengan kriteria “SeluruhAnak Kreatif”, serta hasil perkembangan mencapai ≥ 80% dan mencapai indikator keberhasilan.

Hasil penelitian yang dilakukan selama 4 pertemuan yaitu sebagai berikut, akrivitas Guru, pada pertemuan 1 mendapatkan skor 20 dengan kriteria “Baik”, dan pada pertemuan 4 guru telah melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran dengan kriteria “Sangat Baik”. Untuk aktivitas anak, kreativitas, dan hasil perkembangan kognitif dalam mengenal huruf vokal dan konsonan selalu mengalami peningkatan persentase mulai dari pertemuan 1 hingga pertemuan 4 serta telah mencapai indikator keberhasilan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan kombinasi model Hands on Activity, Scramble dan media Kartu Bergambar telah terlaksana sesuai langkah-langkah model pembelajaran. Aktivitas anak, kreativitas, dan hasil perkembangan kognitif dalam mengenal huruf vokal dan konsonan mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. Saran yang dapat diberikan bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain dapat menjadi alternatif, bahan masukan informasi, dan referensi untuk memperbaiki pembelajar pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI