DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENTAATI TATA TERTIB PADA SISWA KELAS VII SMPN 11 BANJARMASIN
PENGARANG:FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-20


ABSTRAK

 

Firdaus. 2022. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Mentaati Tata Tertib Pada Siswa Kelas VII SMPN 11 Banjarmasin. Pembimbing (I) Bapak Dr. Ali Rachman, M. Pd. Pembimbing (II) Bapak Muhammad Arsyad, M.PsiPsikolog

Kata Kunci: Teknik Modelling, Kedisiplinan Siswa, Tata Tertib

 

Sekolah menjadi wadah pengolah karakter serta pribadi yang berkualitas, salah satu syarat menjadi pribadi yang berkualitas ialah memiliki kedisplinan yang tinggi. Siswa yang mengalami kedisiplinan yang rendah akan cenderung melanggar peraturan. Kedisiplinan siswa yang rendah di SMP Negeri 11 Banjarmasin mengakibatkan siswa melanggar aturan tata tertib sekolah yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Penelitian ini untuk menganalisis efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII SMP Negeri 11Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah populasi penelitian berjumlah 191 orang dan sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang yang memiliki kategori rendah, kemudian dibagi menjadi dua yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen serta teknik analisis data menggunakan ujiT-test.

Dari data yang diperoleh berdasarkan perhitungan di atas, bahwa Thit > Ttab ( 31,46 > 2,447 dengan probabilitas kesalahan 0,05 atau 5%). Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti teknik modelling efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini menyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib pada siswa Kelas VII SMPN 11 Banjarmasin. Saran bagi peneliti selanjutnya, peniliti mampu mengembangkan tahap-tahap pelaksanaan teknik modelling yang ada di pedoman agar lebih inovatif dan lebih beragam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI