DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BAURAN PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA PENGRAJIN ANYAMAN PURUN DI ANJIR PASAR KOTA II KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NORMILA AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-22


ABSTRAK

 

Normila Aulia, 2023.  Bauran  Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Pengrajin Anyaman Purun di Anjir Pasar Kota II Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I:  Maulana Rizky, SE, M.Acc, Ak., Pembimbing II: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran (Marketing Mix : Product,Price, Place, Promotion)  pada produk UMKM kerajinan anyaman purun yang mana berfokus kepada ekonomi kreatif yang terdiri dari 3 bagian yaitu Kreativitas, Inovasi dan Penemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriftif kualitatif untuk menggambarkan dan mendiskripsikan  bauran pemasaran pada kelompok usaha di Desa Anjir Pasar Kota II  Kabupaten Barito Kuala. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis  data menggunakan model  Miles, Huberman dan Saldana.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Produk dari UMKM kerajinan anyaman purun   di Desa Anjir Pasar Kota  II merupakan produk yang dibuat oleh ibu-ibu di desa tersebut dan merupakan  Ekonomi Kreatif di mana dapat berkembang produk-produk tersebut melalui kreativitas, inovasi dan penemuan baru. (2) Produk ini mengacu pada budaya kalimantan selatan serta dibuat secara Handmade yang mana produk  dijual tidak banyak kesamaan dengan produk dijual ke pembeli lainnya karena bisa  custom motif maupun warna. (3) harga produk ini tidak mengikuti pasaran namun juga tidak menjatuhkan harga pasar. Harga produk ini tergantung tingkat pembuatan produk dan juga kualitas produk. (4) tempat pembuatan kerajinan anyaman purun yang berada di desa anjir pasar yaitu rumah produksi  dan juga rumah pajang yang cukup strategis di jalan raya tinggal menambah spanduk promosi dipinggir jalan mengenai produk kerajinan anyaman purun. (5) promosi yang sering dilakukan dan harus digencarkan lagi oleh UMKM kerajinan purun yaitu promosi di media sosial seperti Instagram, WhatsApp dan juga secara langsung.

 

Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Ekonomi Kreatif, UMKM, Kerajinan Anyaman Purun

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI