DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODEL KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA (Studi Multi Situs di TK Negeri Pembina Banjarmasin Tengah dan TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur)
PENGARANG:WAHIDATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-22


Husna, Wahidatul. 2023 Model Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua (Studi Multi Situs di TK Negeri Pembina Banjarmasin Tengah dan TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur).  Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D dan (2) Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Kemitraan, Strategi Pelibatan Orang Tua dan Pelibatan Guru

Kemitraan sekolah dan orang tua dianggap penting dalam mendukung tumbuh kembang anak secara holistik. PAUD unggul tidak dapat tercipta jika diserahkan sepenuhnya kepada salah satu pihak saja. Oleh karena itu diperlukan kolaborasi untuk menyelaraskan pendidikan anak disekolah dan dirumah, guna memenuhi kebutuhan anak secara optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang model kemitraan sekolah dengan orang tua. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara serta studi dokumen yang dianalisis menggunakan model Miles & Huberman melalui analisis data tunggal dan analisis data lintas situs yakni melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model kemitraan sekolah dengan orang tua dilaksanakan dengan kegiatan parenting, komunikasi aktif, volunteer, menyelaraskan pendidikan disekolah dan dirumah serta bermitra dengan masyarakat (2) Strategi model kemitraan dilakukan dengan masa orientasi atau foundation class, memastikan program tahunan sekolah memuat pelibatan orang tua, membentuk komite sekolah, dan menjalin komunikasi aktif (3) Strategi pelibatan orang tua dilibatkan dalam rapat musyawarah, mendampingi kegiatan pembelajaran disekolah dan dirumah, berkontribusi dalam iuran atau pembiayaan barang, bantuan tenaga, pikiran, atau keterampilan serta aktif dalam kegiatan proyek dan puncak tema (4) Strategi pelibatan guru dilaksanakan dengan melakukan pertemuan rutin, membuat grup orang tua perkelas, buku penghubung, menjalin komunikasi aktif, dan home visit.

Saran dalam penelitian: (1) Untuk lembaga PAUD agar merancang program kemitraan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan (2) Bagi orang tua untuk selalu mendukung aktif pembelajaran anak disekolah maupun dirumah (3) Bagi guru dapat berkontribusi aktif menjalankan program yang telah dirancang pada lembaga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI