DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PADA KARYAWAN PT. AIR MINUM BANDARMASIH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SITI NUR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-23


ABSTRAK

Siti Nur Azizah. 1910411220017. 2023. Efektivitas Program Pendidikan dan Pelatihan Pada Karyawan PT. Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Sugeng Karyadi.

Penyediaan air minum yang cukup dan sehat sudah menjadi tuntutan masyarakat Indonesia terutama dikota-kota besar, propinsi Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin yang sedang giat-giatnya berbenah diri dalam rangka melaksanakan pembangunan disegala bidang, terutama sarana dan prasarana air bersih yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Agar pengelolaan air minum dapat terlaksana dengan baik dan benar diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mendukung setiap program kerja yang direncanakan oleh perusahaan. Karena tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas perusahaan akan mengalami kesulitan untuk mencapai target atau sasaran yang telah ditetapkan dengan demikian tujuan perusahaan akan sulit tercapai.

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui efektiv atau tidaknya program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan di PT. Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin terhadap karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian bersifat deskriptif.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknis analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman (2018) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan yang dibuat oleh departemen sumber daya manusia devisi pelatihan dan pengembangan sudah efektif. Berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dibuat oleh departemen sumber daya manusia devisi pelatihan dan pengembangan dapat disimpulkan pelaksanaan program pelatihan sudah efektif hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya target yang telah ditetapkan oleh perusahaan lalu diukur dengan ketepatan waktu, ketepatan sasaran kerja dan ketepatan biaya.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Program Diklat, Sumber Daya Manusia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI