DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima di Kota Banjarmasin
PENGARANG:NADIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-23


ABSTRAK

 

NADIA RAHMAH, 1910411320027, 2023, Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima di Kota Banjarmasin. Pembimbing Enly Hadiyanor.

 

Penelitian ini berangkat dari permasalahan banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di bahu jalan seperti yang ada di di kawasan Siring Piere Tendean. Hal ini lah yang menimbulkan banyak pertanyaan, apakah pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin kurang memberikan pengarahan ataupun bimbingan pada PKL sesuai dengan Perda Nomor 26 Tahun 2012 tentang Penataan PKL. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima di Kota Banjarmasin. Pada penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan Triangulasi teknik ini merupakan gabungan dari tiga teknik yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data  dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kedudukan Satuan Polisi Pamong Praja dalam penertiban Pedagang Kaki Lima diatur dalam Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 26 Tahun 2012 tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL) dilihat indikator sebagai berikut: 1) Responsivitas  dapat datang langsung ke Kantor Satpol PP  Kota  Banjarmasin,  melalui  surat  pengaduan  bahkan  dapat melalui website SIPADU BAIMAN resmi Satpol PP Kota Banjarmasin. 2) Responsibilitas, yaitu Satpol PP Kota Banjarmasin telah melakukan sosialisasi kepada para PKL Penanganan penertiban dilaksanakan dengan sesuai prosedur serta normatif, penataan yang dilaksanakan adanya koordinasi antara Satpol PP dan Dinas terkait dalam pembinaan PKL. 3). Akuntabilitas, pelaporankegiatandanhasilkegiatankepadaWalikotaBanjarmasin  dilakukan secara triwulanan dan tahunan.

 

Disarankan kepada pemerintah saling mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing pihak, menciptakan suatu persamaan persepsi tentang arti penertiban, pembinaan dan penataan Pedagang Kaki Lima, sehingga dapat mendukung sebuah program kebijakan yang dapat dijalankan.

 

Kata Kunci:Kinerja, Satpol PP, Pedagang Kaki Lima

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI