DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pedagang Makanan Pada Masa Pandemi (Covid-19) Di Jalan Simpang Ulin Banjarmasin
PENGARANG:EKA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-23


Eka Amalia, 2023. Strategi Pedagang Makanan Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Jalan Simpang Ulin Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih. Pembimbing (II) Rahmat Nur.

 

Kata kunci : Strategi, Pedagang, Upaya Mengatasi Masalah

 

            Strategi adalah suatu upaya yang disiapkan didalam pesatnya persaingan usaha, sehingga strategi dapat diartikan sebagai rencana pengembangan usaha yang mana jika rencana tersebut berhasil dicapai maka akan menimbulkan hasil yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menemukan masalah yang dihadapi pedagang dimasa pandemi (Covid-19) dan (2) untuk menemukan upaya pedagang dalam mengatasi masalah dimasa pandemi (Covid-19).

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih adalah purposive sampling atau menentukan informan sesuai dengan kriteria penelitian yaitu pedagang nasi campur. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data yang dipakai yaitu triangulasi waktu, triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

            Hasil dari penelitian ini berisi tetang : (1) Masalah yang dihadapi pedagang saat pandemi (Covid-19) meliputi : (a) Pendapat pedagang dengan adanya Covid-19 dan (b) pendapatan pedagang pada saat Covid-19. (2) Upaya pedagang nasi campur dalam mengatasi masalah meliputi : (a) mengatasi masalah pendapatan, (b) mengatasi pelanggan yang berkurang dan (c) strategi mempertahankan dagangan.

            Saran dalam penelitian ini bertujuan untuk pedagang nasi campur agar tetap semangat bejualan untuk menghidupi keluarga dan tetap memberi pelayanan yang ramah kepada pembeli agar pembeli selalu merasa nyaman ketika membeli makan di warung nasi campur. Selalu berpenampilan sopan, bersih, rapi dan selalu menjaga kebersihan walaupun virus corona sudah tidak ada. Untuk peneliti diharapkan bisa menggunakan penelitian ini sebagai bahan baca dan refenrensi tentang penelitian lain yang mempunyai kemiripan judul dari prnrlitian ini yaitu strategi pedagang makanan dalam mengembangkan usaha.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI