DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS 5 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, GROUP INVESTIGATION DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI UPTD SDN PANGGUNG BARU KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ST. RAHMATUL HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-24


 

Hidayah Rahmatul, St. 2023. Meningkatkan Aktivitas, dan Hasil Belajar PPKn Kelas

5 Menggunakan Model Problem Based Learning, Group Investigation dan

Teams Games Tournament di UPTD SDN Panggung Baru Kabupaten Tanah

Laut. Skripsi Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar. Fakultas Kependidikan dan

Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing

Drs.H Khairil Anwar, M.Pd

Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Group Investigation, Teams

Games Tournament

Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena siswa belum terlatih dalam menggali

informasi, siswa kurang memahami langkah-langkah pemecahan masalah dari masalah yang

terjadi sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa kelas 5 UPTD SDN Panggung Baru

pada pelajaran PPKn. Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa masih malu bertanya

kepada guru, siswa masih mengendalikan informasi dari buku saja dan siswa masih menunggu

arahan guru dalam memecahkan masalah. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas, dan hasil

belajar yaitu melalui model pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigation dan

Teams Games Tournament (berpikir kritis memecahkan masalah aktif dan inovatif). Tujuan

dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk

meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan

tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap UPTD SDN

Panggung Baru tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Jenis data

dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui

observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes

tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi

analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 cukup baik,

pertemuan 2 baik, dan pertemuan 3 sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 cukup aktif,

pertemuan 2 aktif, dan pertemuan 3 sangat aktif, dengan setiap pertemuannya mengalami

peningkatan. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 50%,

pertemuan 2 mencapai 80%, dan 3 mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based

Learning, Group Investigation dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas,

dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif

dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI