DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS 5 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, GROUP INVESTIGATION DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI UPTD SDN PANGGUNG BARU KABUPATEN TANAH LAUT | |
PENGARANG | : | ST. RAHMATUL HIDAYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-01-24 |
Hidayah Rahmatul, St. 2023. Meningkatkan Aktivitas, dan Hasil Belajar PPKn Kelas
5 Menggunakan Model Problem Based Learning, Group Investigation dan
Teams Games Tournament di UPTD SDN Panggung Baru Kabupaten Tanah
Laut. Skripsi Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar. Fakultas Kependidikan dan
Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing
Drs.H Khairil Anwar, M.Pd
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Group Investigation, Teams
Games Tournament
Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena siswa belum terlatih dalam menggali
informasi, siswa kurang memahami langkah-langkah pemecahan masalah dari masalah yang
terjadi sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa kelas 5 UPTD SDN Panggung Baru
pada pelajaran PPKn. Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa masih malu bertanya
kepada guru, siswa masih mengendalikan informasi dari buku saja dan siswa masih menunggu
arahan guru dalam memecahkan masalah. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas, dan hasil
belajar yaitu melalui model pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigation dan
Teams Games Tournament (berpikir kritis memecahkan masalah aktif dan inovatif). Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan
tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap UPTD SDN
Panggung Baru tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Jenis data
dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui
observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes
tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi
analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 cukup baik,
pertemuan 2 baik, dan pertemuan 3 sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 cukup aktif,
pertemuan 2 aktif, dan pertemuan 3 sangat aktif, dengan setiap pertemuannya mengalami
peningkatan. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 50%,
pertemuan 2 mencapai 80%, dan 3 mencapai 100%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based
Learning, Group Investigation dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas,
dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif
dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI