DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SINERGITAS PEMERINTAH DESA DENGAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA SEI TELAN MUARA KECAMATAN TABUNGANEN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Muhammad Ihsan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-24


ABSTRAK

Muhammad Ihsan (1820419310006) Sinergitas Pemerintah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Sei Telan Muara Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Muh. Riduansyah Syafari, M.PA dan Bapak Dr. Taufik Arbain, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sinergitas yang terjalin diantara Pemerintah Desa Sei Telan Muara dengan Badan Permusyawaratan Desa Sei Telan Muara dalam rangka pelaksanaan pelayanan publik yang berkualitas.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini meliputi Kepala Desa Sei Telan Muara, Perangkat Desa Sei Telan Muara, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Sei Telan Muara, Anggota Badan Permusyawaratan Desa Sei Telan Muara, serta Ketua RT Desa Sei Telan Muara. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduction, display, dan verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara Pemerintah Desa Sei Telan Muara dengan Badan Permusyawaratan Desa Sei Telan Muara masih belum terjalin dengan baik. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, yaitu komunikasi yang kurang efektif, tingkat kepercayaan yang kurang tinggi, serta ketidakterbukaan masing-masing organisasi untuk menyampaikan pendapatnya. Sinergi antara Pemerintah Desa Sei Telan Muara dengan Badan Permusyawaratan Desa Sei Telan Muara menghadapi beberapa hambatan. Hambatan-hambatan tersebut adalah komunikasi yang berjalan kurang efektif, kurang terbuka satu sama lain, dan kekurangan sarana prasarana penunjang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban. Pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Desa Sei Telan Muara berjalan relatif lancar, namun demikian pelayanan publik tersebut dapat ditingkatkan kualitasnya dengan adanya sinergi yang terjalin dengan lebih baik antara Pemerintah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa di Desa Sei Telan Muara Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala.

 

Kata Kunci: Sinergi, Pelayanan Publik, Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI