DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implikatur Percakapan Pada Novel Fiksi Penggemar The Lucifer Prince: Who Fell For Me Karya Dekdi A
PENGARANG:TYSA AUGASTARIS NANDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-24


ABSTRAK

Nandani, Tysa. 2023. Implikatur percakapan dalam Novel Fiksi Penggemar “The Lucifer Prince: Who Fell For Me” Karya Dekdi A. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (2) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

Kata kunci: implikatur percakapan dan novel

Implikatur percakapan merupakan fenomena linguistik yang memiliki makna tersembunyi pada suatu percakapan. Implikatur yang muncul dalam percakapan mengandung informasi yang tidak diutarakan secara eksplisit. Implikatur percakapan juga merupakan aspek penting untuk menganalisis bahasa dan sastra seperti novel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan dalam novel fiksi penggemar The Lucifer Prince: Who Fell For Me karya Dekdi A.

Metode yang dipakai, yaitu metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah percakapan pada novel fiksi penggemar The Lucifer Prince: Who Fell For Me karya Dekdi A. Objek penelitian ini berupa implikatur percakapan pada kegiatan percakapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Instrumen penelitian ini adalah human instrument dibantu dengan tabel untuk mempermudah mengumpulkan data. Analisis data yang dilakukan adalah menganalisis setiap percakapan, mendeskripsikan, dan menganalisis makna implikatur.

Hasil analisis data pada novel fiksi penggemar The Lucifer Prince: Who Fell For Me karya Dekdi A, terdapat 110 buah implikatur percakapan yang terdiri dari 1) wujud tuturan berimplikatur; 2) jenis implikatur percakapan; 3) fungsi implikatur percakapan. Wujud tuturan berimplikatur berupa 1) kalimat deklaratif; 2) kalimat interogatif; 3) kalimat imperatif; 4) kalimat interjektif. Wujud tuturan berimplikatur didominasi oleh kalimat deklaratif, yaitu 34 data. Jenis implikatur percakapan berupa 1) implikatur percakapan umum; 2) implikatur percakapan khusus; 3) implikatur percakapan skala. Jenis implikatur percakapan didominasi oleh implikatur percakapan umum, yaitu 5 data. Fungsi implikatur percakapan berupa 1) asertif; 2) direktif; 3) komisif; 4) ekspresif. Fungsi implikatur percakapan didominasi oleh fungsi asertif, yaitu 28 data.

Pada penelitian ini ditemukan implikatur percakapan yang didominasi dengan kalimat deklaratif yang bertujuan untuk menyampaikan berita atau informasi, implikatur percakapan umum yang bertujuan untuk memerintah dan menyampaikan informasi, dan fungsi asertif yang bertujuan untuk menyatakan sesuatu kepada lawan tutur. Saran untuk peneliti yang ingin meneliti novel fiksi penggemar The Lucifer Prince: Who Fell For Me karya Dekdi A adalah dengan kajian pragmatik yang lain seperti eksplikatur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI