DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FILM KAPAL GOYANG KAPTEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X MA AL-MUHAJIRIN ANTANG
PENGARANG:RIZKIYAH AULIA RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-24


Rahma, Rizkiyah Aulia. 2023. Efektivitas Penggunaan Film “Kapal Goyang Kapten” terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X MA Al-Muhajirin Antang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

 

Kata Kunci: efektivitas, film, dan teks anekdot.

 

Media pembelajaran memiliki beberapa jenis, seperti audio-visual berupa film Kapal Goyang Kapten. Film Kapal Goyang Kapten  adalah film komedi yang digunakan sebagai media pembelajaran menulis teks anekdot untuk mengetahui tingkat efektivitas dari media tersebut dalam meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan film Kapal Goyang Kapten  terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X MA Al-Muhajirin Antang dengan menilai berdasarkan aspek struktur dan kebahasaan. Menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian kuasi eksperimen. Sumber data, yaitu kelas eksperimen (10-2) dan kelas kontrol (10-3), data diperoleh dari hasil pretest dan posttest.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebelum menggunakan film Kapal Goyang Kapten terdapat 3 siswa berkategori tuntas dengan persentase 19% dan 13 siswa berkategori tidak tuntas dengan persentase 81%, sedangkan setelah menggunakan film Kapal Goyang Kapten terdapat 14 siswa berkategori tuntas dengan persentase 93% dan 1 siswa berkategori tidak tuntas dengan persentase 7%. Setelah dilakukan uji paired sample t test diketahui nilai Sig. (2-tailed) kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil rata-rata ­pretest dan posttest setelah dan sebelum menggunakan film Kapal Goyang Kapten. Adapun hasil uji independent sample t test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas yang menggunakan tayangan film Kapal Goyang Kapten dengan rata-rata nilai posttest kelas yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Tingkat efektivitas penggunaan film Kapal Goyang Kapten terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X MA Al-Muhajirin Antang berkategori cukup efektif dengan nilai rata-rata N-Gain (%) 73,40.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI