DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Komunikasi Interpersonal Efektif Antar Orang Tua dan Anak Dalam Animasi (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Animasi “Spy X Family”)
PENGARANG:ESTHERINA MULYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-24


Estherina Mulyani, 1910414120023, 2023, Komunikasi Interpersonal Efektif Antar Orang Tua dan Anak Dalam Animasi (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Animasi “Spy X Family”). Di bawah bimbingan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang efektif antar orang tua dan anak dalam tayangan animasi Spy X Family. Spy X Family bercerita tentang keseharian dan aksi yang dilakukan oleh keluarga Forger. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif antar orang tua dan anak pada animasi Spy X Family, terlihat dari 5 (lima) faktor, yaitu sikap keterbukaan, sikap mendukung, sikap empati, sikap positif, dan kesetaraan. Bentukbentuk komunikasi interpersonal yang efektif antar orang tua dan anak yang terdapat pada animasi Spy X Family adalah memberikan pujian terhadap pencapaian anak, berkomunikasi sesuai dengan level anak, memaafkan kesalahan anak, menyelesaikan konflik bersama anak, mengekspresikan perasaan dan ide saat berkomunikasi dengan anak, terbuka untuk menjelaskan sesuatu kepada anak, dan mendengarkan perkataan anak dengan sungguh-sungguh.

Kata Kunci: Animasi, Komunikasi Interpersonal, Semiotika 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI