DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM PEREKAMAN DATA TRANSAKSI PADA PENERIMAAN PAJAK RESTORAN DI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-25


ABSTRAK

 

NADIA (2220422320001). 2023. Evaluasi Program Perekaman Data Transaksi pada Penerimaan Pajak Restoran di Kabupaten Banjar. Tesis. Program Studi Magister Studi Pembangunan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1 : Udiansyah dan Pembimbing 2 : Yusuf Hidayat

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Perekaman Data Transaksi pada Penerimaan Pajak Restoran di Kabupaten Banjar dan untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pada pelaksanaan program tersebut oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Banjar.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan informan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek context terdapat relevansi antara program dengan pihak yang terlibat, tetapi pada analisa lingkungan dan kebutuhan, regulasi sudah tidak relevan dengan keadaan masyarakat dan belum ada pemetaan potensi wajib pajak. Pada aspek input, strategi program, sosialisasi, sumber daya finansial serta sistem dan teknologi informasi telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, meskipun sumber daya finansial masih ketergantungan dengan Bank Kalsel serta pada sistem dan teknologi informasi, banyak alat perekam data transaksi yang tidak kompatibel sehingga tidak dapat digunakan. Pada aspek process, pemanfaatan sistem informasi serta sumber daya manusia untuk melaksanakan pengawasan telah terpenuhi, tetapi belum ada antisipasi terhadap perkembangan penggunaan alat perekam data transaksi ke depannya. Pada aspek product, tersedia laporan realisasi sebagai pembanding dan pencapaian program telah terpenuhi. Adapun faktor yang mendukung kesuksesan program ini adalah adanya regulasi yang jelas, kerja sama dari wajib pajak serta dukungan dan komitmen pimpinan, sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program adalah sebagian besar tempat usaha belum bermanajemen; kondisi kultur dan budaya masyarakat setempat; kendala teknis alat serta penentuan wajib pajak yang kurang tepat.

 

Kata Kunci : Pajak Restoran, Perekaman Data Transaksi, Evaluasi CIPP

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI