DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:NANA ISTIQOMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-25


Nana Istiqomah, 2023. Penggunaan Second Account Instagram pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Reski P.

 

Kata Kunci: Postingan, Second Account Instagram, Mahasiswa

 

Instagram merupakan salah satu media sosial yang menyediakan berbagai macam fitur untuk penggunanya, setiap pengguna instagram memungkinkan untuk memiliki lebih dari satu akun instagram, itulah yang disebut dengan second account instagram. Second account instagram digunakan sebagai tempat untuk kebebasan mengekspresikan diri oleh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran postingan mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam penggunaan second account instagram. (2) menelaah lebih dalam alasan mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam menggunakan second account instagram.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran postingan mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam penggunaan second account instagram ada empat yaitu: (a) membuat postingan instastory dan feeds foto diri sendiri. (b) membuat postingan instastory dan feeds foto bersama orang lain. (c) membuat postingan instastory foto tempat. (d) membuat postingan instastory foto kata-kata atau curahan hati. (2) alasan mahasiswa Pendidikan Sosiologi menggunakan second account instagram terbagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terbagi menjadi tiga yaitu: (a) ingin membuat arsip agar menjadi kenangan untuk masa yang akan datang. (b) kebebasan dalam hal mengekspresikan diri. (c) menstalking orang lain agar tidak ketahuan dan identitasnya tetap aman. Faktor eksternal yaitu: (a) karena pengaruh dari teman-teman di lingkungan sekitar.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) mahasiswa diharapkan dapat lebih percaya diri untuk membagikan postingan berisi hal-hal yang positif pada first account instagram. (2) mahasiswa yang sering menggunakan media sosial untuk membagikan postingan yang tidak terlalu penting atau melakukan spam, diharapkan agar dapat memanfaatkan media sosial untuk hal yang lebih positif. (3) peneliti selanjutnya diharapkan bisa melanjutkan penelitian ini dengan pembahasan yang berkaitan dengan penggunaan second account instagram pada kehidupan mahasiswa yang terfokus pada interaksi antar pengguna second account instagram.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI