DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Aparatur Desa dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat Desa pada Pembangunan Desa (Studi Kasus Desa Sirih Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan)
PENGARANG:SITI HILALIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-26


Siti Hilaliah, 2010413120001, 2023, Peran Aparatur Desa dalam Peningkatan Partisipasi M asyarakat Desa pada Pembangunan Desa (Studi Kasus Desa Sirih Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan). Dibawah bimbingan Dr.Gazali Rahman S.Sos, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Aparatur Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa pada Pembangunan Desa di Desa Sirih Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Partisipasi masyarakat merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembangunan desa, oleh karena itu peran aparatur desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat juga sangat berpengaruh seperti menyediakan ruang partisipasi masyarakat, efektivitas kebijakan dan strategi yang diterapkan sehingga tingkat partisipasi masyarakat juga terus bertambah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran menurut Merton dalam Raho (2007) yaitu peran dipandang sebagai suatu tingkah laku yang diharapkan oleh masyarakat dari seseorang yang memiliki status tertentu. Dalam hal ini, tindakan atau perilaku yang sesuai dengan status atau kedudukannya. Informan penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Daerah (BPD), Kepala Seksi Pelayanan dan Kesejahteraan, Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Urusan Keuangan, Ketua Pembina Kesejateraan Keluarga (PKK), Ketua RT, Ketua Karang Taruna, dan Masyarakat Desa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Aparatur Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa pada Pembangunan Desa di Desa Sirih Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah berjalan dengan maksimal. Hal ini dapat terlihat dari aparatur desa yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai motivator dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan dan dari kepuasaan masyarakat terhadap pembangunan yang dilaksanakan serta partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa baik fisik maupun non-fisik bisa dikatakan baik, dikarenakan masyarakat Desa Sirih ikut berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan desa baik fisik maupun non-fisik tersebut.

Kepada Aparatur Desa Sirih untuk lebih aktif dan lebih sering mengadakan pelatihan-pelatihan yang mengasah keterampilan warga desa dan melaksanakan pembangunan baik fisik maupun non-fisik yang dapat memberdayakan masyarakat desa. 

 

Kata Kunci : Peran, Aparatur Desa, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI