DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN VOKASIONAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI PELAMBUAN BANJARMASIN
PENGARANG:SUMIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-26


ABSTRAK

Sumiyati. 2023. Peran Sekolah Dalam Mendukung Pendidikan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin. Skripsi. Program S1 Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Tahun Akademik 2023/2024. Pembimbing I Prof. Dr. H. Amka, M.Si : Pembimbing II Eviani Damastuti, M.Pd. 

Kata Kunci : Peran Sekolah, Vokasional Tata Boga, Anak Berkebutuhan Khusus 

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yaitu anak berkebutuhan khusus yang tidak berkesempatan untuk bekerja, terdapat beberapa lapangan pekerjaan yang tidak menerima anak berkebutuhan khusus atau disability sebagai karyawan. Karena sebagian dari mereka masih memandang/menilai bahwa anak berkebutuhan khusus tidak mampu bekerja secara mandiri dan kurangnya keterampilan khusus atau vokasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran sekolah dalam mendukung pendidikan Vokasional yang meliputi; 1) Peran kepala sekolah dalam mendukung pendidikan Vokasional bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin 2) Peran wali kelas dalam mendukung pendidikan Vokasional bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin 3) Peran guru dalam mengajar keterampilan untuk mendukung pendidikan Vokasional tata boga bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin. 

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan subjek kepala sekolah, wali kelas dan guru Vokasional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui tahap reduksi data, display data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian ini adalah gambaran mengenai peran kepala sekolah sebagai educator, manajer, inovator, motivator, dan supervisor. Peran wali kelas sebagai fasilitator, motivator, problem solving, supervisor, leader, dan evaluator. Peran guru sebagai motivator, informator, organisator, mediator, inovator, fasilitator, dan evaluator. Adapun peran yang paling berpengaruh yaitu ; 1) Kepala sekolah berperan yang berfokus pada menyiapkan SDM serta mengembangkan SDM yang ada dan sebagai Manajer yang mengatur dan mengawasi pelaksanaan program Vokasional 2) Wali kelas berperan sebagai Supervisor ikut serta mengawasi siswa dalam kegiatan Vokasional tata boga maupun Vokasional lainnya, sebagai Leader memimpin siswa didalam kelas/diluar kelas 3) Guru Vokasional tata boga berperan sebagai pengajar dan berperan sebagai Motivator dengan memberikan motivasi kepada siswa serta memberikan contoh/role model yang hebat di bidang memasak sehingga siswa selalu bersemangat dan aktif dalam mengikuti Vokasional tata boga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI