DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI APLIKASI SIGNAL (SAMSAT DIGITAL NASIONAL) DI BANJARMASIN (STUDI DI KANTOR SAMSAT BANJARMASIN 2)
PENGARANG:DEVI DEWIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-26


ABSTRAK

 

Devi Dewiyana, 1910411320037, 2023. Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) di Banjarmasin (Studi di Kantor Samsat Banjarmasin 2). Di bawah bimbingan Aulia.

Teknologi di Indonesia yang sangat berkembang sekarang dan sangat bisa dirasakan keuntungannya, membuat masyarakat sekarang lebih banyak melakukan beberapa hal hanya dengan ponsel pintar. Tentunya dengan kondisi masyarakat sekarang, sudah seharusnya pelayan publik bisa menyesuaikan dan selalu melakukan inovasi untuk kemudahan masyarakat dalam hal pelayanan publik. Salah satunya dengan membuat aplikasi yang bisa dengan mudah di gunakan oleh semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pelayanan publik. Dalam hal ini, Polri menciptakan aplikasi untuk kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, yaitu Aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi Signal di Banjarmasin (Studi di Kantor Samsat Banjamasin 2).

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari 4 langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan pembayaran aplikasi Signal ini sudah cukup berhasil, hanya saja dalam proses sosialisasi masih kurang, dan tidak bisanya aplikasi digunakan kepada wajib pajak yang mempunyai STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) bukan atas nama sendiri sehingga masih banyak wajib pajak yang lebih memilih untuk melakukan pembayaran pajak secara manual melalui Samsat Keliling atau datang langsung ke Kantor Samsat terdekat.

 

Kata Kunci Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi Signal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI