DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Peningkatan Potensi Obyek Wisata Unggulan Di Kota Banjarbaru
PENGARANG:TIARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-27


Kota Banjarbaru, Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dengan banyaknya objek wisata yang beragam jenisnya. Meskipun beberapa objek wisata belum terlalu dikenal secara luas, terdapat potensi besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan mengelola dan mempromosikan objek-objek tersebut. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian khusus mengenai Upaya Peningkatan Potensi Objek Wisata Unggulan di Kota Banjarbaru.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan objek wisata unggulan di Kota Banjarbaru. 2. Mengetahui upaya untuk meningkatkan potensi objek wisata unggulan Kota Banjarbaru.

Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa terdapat beberapa faktor penghambat dalam pengembangan objek wisata unggulan di Kota Banjarbaru. Faktor-faktor tersebut meliputi kurangnya minat dalam pelatihan sumber daya manusia, pengaruh iklim panas terhadap pengalaman wisatawan, kurangnya kerjasama masyarakat lokal, seringnya terjadinya kesalahpahaman antara pengelola dan dinas pariwisata, kurangnya upaya promosi, kekurangan sarana dan prasarana, serta keterbatasan anggaran. Di sisi lain, penelitian juga menunjukkan bahwa upaya peningkatan objek wisata unggulan dapat dilakukan melalui investasi dalam pemeliharaan infrastruktur, penggunaan teknologi terkini, promosi yang intensif, kerjasama erat dengan sektor swasta dan masyarakat lokal, komunikasi yang efektif, pelatihan teratur untuk pengelola, dan dukungan penuh dari pemerintah daerah. Dengan mengatasi hambatan-hambatan ini dan mengimplementasikan upaya-upaya yang disarankan tersebut, pengembangan objek wisata unggulan di Kota Banjarbaru diharapkan dapat mencapai hasil yang lebih baik.

Kata Kunci: Pariwisata, Objek Wisata, Potensi, Upaya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI