DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN PROMO TANGGAL KEMBAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD ROVYALDO WIJAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-27


Muhammad Rovyaldo Wijaya (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Promo Tanggal Kembar terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Banjarmasin. Pembimbing: Rusniati

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, khususnya internet mampu menyajikan kegiatan jual-beli secara online, melalui berbagai marketplace. Transaksi jual-beli menjadi tanpa batas, tidak terhalang oleh waktu dan tempat karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Salah satu marketplace di Indonesia adalah shopee yang menjadi marketplace belanja online teratas di Indonesia pada awal tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, online customer rating dan promo tanggal kembar secara simultan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Banjarmasin. Kemudian juga untuk menganalisis pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Banjarmasin; untuk menganalisis pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Banjarmasin; dan untuk menganalisis pengaruh promo tanggal kembar terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan explanatory study. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen shopee di Banjarmasin dengan sampel sebesar 100 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini berupa purposive sampling Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review, online customer rating dan promo tanggal kembar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Promo tanggal kembar berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Promo Tanggal Kembar, Keputusan Pembelian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI