DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan antara Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru SDN Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.
PENGARANG:FETTY DACHLIANI SUKMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-27


ABSTRAK

 

 

 

 

 

Dachliani, Sukma Fetty. 2023. Hubungan antara Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru SDN Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Kompetensi Profesional, Motivasi, Kinerja

 

 

 

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah, kompetensi profesional, motivasi berprestasi dengandisiplin kerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.

 

Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan model analisi jalur korelasional untuk menganalisis pola hubungan antar variabel. Populasi penelitian sebanyak sebanyak 280 guru dari 24 SDN yang berada di KecamatanMurung Pudak dan 143 responden sebagai sampel penelitian menggunakan teknik Proportionate Random Sampling dan rumus alokasi proporsional. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 0,421,  variabel kompetensi profesional dengan kinerja sebesar 0,330, variabel motivasi berprestasi dengan kinerja sebesar 0,256,  variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan motivasi berprestasi sebesar 0,485, variabel kompetensi profesional dengan motivasi berprestasi sebesar 0,437, variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan kinerja  melalui motivasi berprestasi sebesar 0,124 dan variabel kompetensi profesional dengan kinerja melalui motivasi berprestasi sebesar 0,112.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah, kompetensi profesional, motivasi berprestasi dan kinerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong semuanya katagori tinggi. Terdapat hubungan langsung secara parsial antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah, kompetensi profesional,  motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah juga kompetensi profesional dengan  kinerja melalui motivasi berprestasi.

 

Saran kepala sekolah pembinaan pada guru seperti memberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang sejalan dengan profesinya. Guru lebih mengembangkan keahlian untuk memanfaatkan teknologi informasi, guru lebih meningkatkan motivasi menampilkan prestasi yang dibanggakan dan kemampuan guru mengevaluasi hasil belajar tidak hanya perkembangan ranah pengetahuan tapi juga ranah perilaku dan moral siswa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI