DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA PEMBENIHAN IKAN NILA PADA USAHA HATCHERY IKAN AIR TAWAR (HIAT) PT. SURI TANI PEMUKA DI KALIMANTAN SELATANANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA PEMBENIHAN IKAN NILA PADA USAHA HATCHERY IKAN AIR TAWAR (HIAT) PT. SURI TANI PEMUKA DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RANA KHAIRIYAH NASUTION
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-29


Hatchery Ikan Air Tawar (HIAT) PT. Suri Tani Pemuka Kalimantan Selatan merupakan salah satu usaha pembenihan ikan nila yang memiliki strategi pemasaran  yang unik yaitu dengan hanya memasarkan benih kepada agen pakan STP. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen produksi pada HIAT Kalsel dan untuk menganalisis strategi pemasaran pada HIAT Kalsel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara dengan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis desktriptif dan analisis SWOT. Manajemen produksi pada HIAT Kalsel terbagi menjadi tiga, yaitu: (1) pra produksi yang dilakukan dengan menyiapkan kolam dan seleksi indukan, (2) produksi yang dilakukan dengan memijahkan ikan secara alami kemudian dilanjutkan dengan pendederan terbagi menjadi P1, P2, dan P3, dan (3) pasca produksi yang dilakukan dengan panen, grading, dan packing. Hasil analisis SWOT skoring IFAS dan EFAS didapatkan titik koorditan (0,15;1,05) dimana titik tersebut berada pada kuadran I sehingga strategi yang cocok pada usaha HIAT Kalsel yaitu strategi SO dengan: (1) Meningkatkan produksi dengan memanfaatkan ketersediaan lahan dan meningkatkan kemitraan dengan pembudidaya lain untuk memasarkan produk, (2) Melakukan promosi dengan memanfaatkan citra perusahaan untuk memperkenalkan produk perusahaan, dan (3) Meningkatkan proses produksi benih dan pelayanan terhadap pelanggan agar permintaan pasar tetap tinggi dan citra perusahaan terjaga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI