DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KEPATUHAN PELAPORAN KEUANGAN, WHISTLEBLOWING SYSTEM, DAN MORALITAS INDIVIDU TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi pada Pemerintah Desa di Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin)
PENGARANG:WAHYU NURLATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-29


Wahyu Nurlatifah (2023). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Kepatuhan Pelaporan Keuangan, Whistleblowing System, dan Moralitas Individu terhadap Pencegahan Fraud dalam Pengelolaan Keuangan Desa(Studi pada Pemerintah Desa di Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin).Pembimbing: Dr. Sarwani, Drs, M.Si, Ak, CA, CPA

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem pengendalian internal, kepatuhan pelaporan keuangan, whistleblowing system, dan moralitas individu terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa di Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian mencakup pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa di Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dengan mendistribusikan kuesioner kepada 60 responden yang meliputi kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan keuangan, kepala seksi pelayanan dan Badan Permusyawaratan Desa di 12 desa dalam wilayah kecamatan tersebut. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui Statistical Package for the Social Sciences(SPSS) 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal dan kepatuhan pelaporan keuangan memiliki pengaruh positif terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa, sementara whistleblowing system dan moralitas individu tidak memiliki pengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa.

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, Kepatuhan Pelaporan Keuangan, Whistleblowing system, Moralitas Individu, Pencegahan Fraud

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI